Home > Uncategorized > Tugas Menggila di Departemen Kimia

Tugas Menggila di Departemen Kimia

Oke sekarang gue mau cerita soal perasaan gue setelah masuk Departemen Kimia IPB. Sebenernya pas awal-awal itu asik banget loh, mungkin karena masih baru mulai masuk Departemen, jadi tugasnya nggak jahat.

NAH SEKARANG-SEKARANG INI NIH *ini kenapa kepslok sih??*

Iya, Departemen Kimia mulai menunjukkan wajah aslinya. Sekarang tugas-tugas mulai rutin dan beda banget kualitas tugasnya sama pas TPB dulu. Kalo pas TPB gue masih bisa nyontek sama temen buat jawaban-jawaban PR (especially Fisika, special thanks to Andre), sekarang mah ampun deh. Sejak gue masuk departemen Kimia, gue hampir enggak pernah nyontek ngerjain tugas. Mungkin karena disini kesolidannya juga belom kebentuk kayak pas gue di B.03 dulu kali ya. Semua tugas harus dikerjain sendiri bagaimanapun caranya. Oke, sekalian curhat, semalem gue tidur jam 3 pagi lewat gara-gara harus ngerjain raker (rancangan kerja) dan laporan praktikum. Hasilnya? Pas kuliah Mikrobiologi Pangan gue cuma bisa manggut-manggut dengan mata sipit gara-gara ngantuknya setengah mampus. Entah gimana nasib ujian Mikrobiologi Pangan gue nanti.

Nah soal kuliah juga gitu. Banyak banget materi yang harus masuk ke ujian, tapi waktu yang dialokasiin SANGAT TIDAK CUKUP! *bersungut-sungut*. Bayangin aja, Kimia Organik yang tiap BAB nya harus bertapa dulu baru bisa masuk tuh ilmunya harus sampe 8 BAB buat UTS dari alokasi 7 kali pertemuan sebelum UTS. Hasilnya? Ya itu, banyak banget kuliah tambahan, responsi juga. Itu baru Kimia Organik loh ( dan itu baru Kimia Organik I, mau jadi apa gue di Kimia Organik II, dst) gimana dengan 7 mata kuliah lainnya di semester ini? Setali tiga uang. Belom lagi kuliah yang dosennya cuman bacain slide (dan itu slidenya banyak salahnya jadi gue sanksi buat nyatetnya), kuliah yang tiap pekan ada kuis, tugas, dll.

Kapan gue bisa bersantai? Wallahu A’lam Bisshawab.

Tugas sebagai Komti pun nggak mau kalah. Dengan mayoritas anak-anak Kimia 47 yang asik dan aktif serta peran BEM yang aktif juga, banyak banget kegiatan yang bakalan menyita waktu santai belajar gue. Mulai dari kegiatan BEM yang silih berganti, kegiatan dari Kimia nya sendiri, hubungan dengan dosen, dll. Seru, tapi harus gue bisa manfaatin waktu banget pokoknya.

Intinya, setelah gue masuk Departemen Kimia gue harus lebih baik manajemen waktunya. Lupakan masa-masa santai di TPB karena gue juga nggak mau ada di TPB terus (iyalah, gue juga mau lulus terus nikah juga, hahaha). Banyak cerita horor dari Kakak kelas mengenai IPK yang rendah di Kimia, ya itulah resiko yang harus  gue hindarin. Allah udah nunjukin jalan ini buat gue, dan gue harus ngejalanin semua ini dengan ikhlas. Gue jadi ngerti makna pelukan dari guru Kimia gue di SMA saat Beliau tau gue keterima di Departemen Kimia IPB (Pak Dadang Juarna, S.Pd). Sambil meluk gue erat, Beliau bilang “niat banget kamu Nak masuk Kimia”. Gue pikir ini cuman sebuah kalimat biasa, ternyata ada makna tersembunyi yang waktu itu gue nggak tau dan sekarang baru gue rasain.

*BRB pingsan* *oh iya belom ngerjain PR Kimia Analitik sama Penerapan Komputer* *pingsan lagi*

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a comment